Hari Ini 30 Titik Api Menjilat 7 Provinsi Sumatera

157 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pembakar hutan dan lahan kembali memanfaatkan cuaca cerah. Sedikitnya 7 provinsi di pulau Sumatera punya nyala titik api. Selain provinsi Riau sendiri, di provinsi Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu dan Lampung juga menyumbang hotspot hari ini.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Minggu (4/05) pukul 13.45 WIB tadi, laporan satelit NOAA 18 telah merekam 30 nyala titik api tersebar di 7 provinsi tersebut. Dimana untuk provinsi Riau, nyala titik api tersebar di wilayah kabupaten Kuantan Singingi. Sedikitnya ada 5 titik api menyala di Kunasing ini.

Jumlah titik api provinsi lain, seperti provinsi Aceh menyumbang 11 titik api. Menyusul provinsi Sumut dengan 4 titik. Sedang provinsi Sumbar menambah lima titik api. Menusul provinsi Jambi dengan 1 hotspot. Sedang wilayah Bengkulu juga menyala 3 titik.

Meski hanya satu titik api, provinsi Lampung juga menggenapkan total jumlah hotspot Sumatera hari ini menjadi 30 titik. BMG masih mencium sangat sedikitnya peluang hujan di pulau Sumatera termasuk wilayah Riau hari ini.(Surya)

Posting Terkait