Hari ini 63.744 Siswa SMA/SMK Riau Ikuti Ujian Nasional

380 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hari ini sebanyak 63.744 siswa SMA/SMK di Riau mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan secara serentak secara nasional. Pelaksanaan UN untuk siswa SMA/SMK ini akan berlangsung hingga 26 Maret mendatang.


Terkait dengan UN ini, Kepala Dinas Pendidikan Riau Prof Dr Irwan Effendi minta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam ujian untuk bersikap jujur. Pihaknya sudah menyiapkan saksi terhadap guru maupun panitia pelaksana ujian nasional yang terbukti membocorkan soal.

“Jangan coba-coba untuk melakukan perbuatan curang, misalnya dengan membocorkan soal, sebab kami sudah siap memberikan sanksi pidana kepada guru atau panitia yang terlibat membocorkan soal,” ungkap Irwan Effendi lagi kepada wartawan di Pekanbaru.

Irwan membantah adanya soal yang bocor. Dia berharap seluruh peserta UN untuk tidak terpengaruh dengan beredarnya kunci jawaban. Selain itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dia juga mengharapkan pengawas memastikan ruang pelaksaan UN steril dari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi siswa saat UN berlangsung.

Sementara itu Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengharapkan UN dapat berjalan lancar dan tertib. Tidak hanya itu, dia juga mengharapkan seluruh areal UN distrilkan dari semua bentuk kebisingan apapun supaya siswa bisa konsentrasi dengan baik.

Gubri optimis siswa di Riau akan mampu melewati ratarata nilai kelulusan siswa dalam UN 2010 ini. Hal ini sudah dibuktikan pada UN 2009 yang lalu dimana rata-rata kelulusan siswa Riau menca[ai 97 persen.(ad)

Posting Terkait