Hari Ini Pekanbaru Akan Dilintas Gerhana Matarahari

669 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hari ini Kota Pekanbaru akan dilintasi gerhana matahari. Meski tidak matahari total, namun proses fenomena alam ini masih bisa disaksikan mulai pukul 14.00 WIB hingga 15.21 WIB jika langit Pekanbaru tidak ditutupi awan.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Philip Mustamu mengatakan gerhana ini terjadi paling lama untuk bisa dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru. Gerhana kali ini akan berbentuk cincin yang bisa dilihat di India.

Dia mengatakan masyarakat Pekanbaru bisa melihat gerhana ini mulai pukul 14.00 Wib, dan puncaknya terjadi pukul 15.21,50 Wib dan berakhir pada pukul 16.30,57 Wib. “Kita berharap nanti cuaca Pekanbaru cerah sehingga bisa menyaksikannya bersama-sama,” ujarnya.

Dia minta kepada masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari ini menggunakan kacamata gelap atau alat yang bisa menyaring cahaya. Karena kalau dilihat dengan mata telanjang akan bisa berbahaya bagi mata.

Sementara itu berdasarkan pemantauan RiauInfo, pagi ini cuaca Pekanbaru masih diselimuti awan mendung. Kecil sekali kemungkinan masyarakat Pekanbaru bisa menyaksikan fenomena langka tersebut. Kecuali bila awan mendung itu sirna dari langit Pekanbaru.(ad)

 

Posting Terkait