Harus Minta Izin Dulu dari Orangtua Murid

301 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selama ini banyak orangtua murid di Pekanbaru menyesalkan pihak Diskes maupun pihak sekolah, karena sering melakukan imunisasi terhadap para muridnya tanpa minta izin dulu kepada orangtua murid.

Kondisi ini sangat riskan, karena jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat imunisasi tersebut, siapa yang akan bertanggungjawab. Bagaimanapun kalau terjadi apa-apa, yang dirugikan tetap orangtua si murid.

Menyinggung hal itu, Kepala Diskes Pekanbaru Syaiful Bahri Rab di Pekanbaru mengatakan pihaknya memang mengharapkan kegiatan imunisasi di sekolah harus terlebih dahulu minta izin kepada orangtua murid.

Memang diakuinya pelaksanaan imunisasi di sekolah merupakan program Depkes secara nasional yang dilakukan satu kali dalam satu tahun.

“Namun untuk pelaksanaannya, sekolah harus meminta izin orangtua murid terlebih dahulu sebelum imunisasi diberikan,” ungkap Syaiful lagi.

Pernyataan tersebut mendapat dukungan dari sejumlah warga di Pekanbaru. Nanang (36) salah seorang warga Simpangpanam yang salah satu anaknya bersekolah di SD mengatakan izin dari orangtua wajib dilakukan sekolah.

Sebab menurut dia, masalah kesehatan anak pasti orangtua yang lebih tahu. Maka orangtualah yang memutuskan apakah anaknya boleh diimunisasi atau tidak.

Dikatakannya, pihak sekolah tidak bisa mengizinkan begitu saja petugas kesehatan melakukan imunisasi. “Sebab jika terjadi apa-apa, apakah pihak sekolah mampu mempertanggungjawabkannya,” tanya Nanang lagi.(Ad)

 

Posting Terkait