Hujan Kandaskan Karhutla Riau ke Titik Nol

158 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan menekan jumlah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah provinsi Riau secara merata, Jumat (22/08) ini. Hujan terjadi pada Kamis (21/08) itu masih berpeluang terjadi Jumat malam ini. BMG mendapatkan peluang hujan malam ini diperkirakan merata berpeluang terjadi di wilayah Riau. 

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru, satelit NOAA 18 tidak satu pun titik api akibat kebakran hutan dan lahan terjadi di wilayah Riau hari ini. Sebaliknya, BMG menangkap peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan menghampiri wilayah Riau secara merata.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, gangguan cuaca di sebelah barat pulau Sumatera menyebabkan pusaran angin di wilayah Riau. Pusaran angin itu merangsang pertumbuhan awan yang sarat akan hujan. Dari keadaan ini, pencitraan satelit menyimpulkan peluang hujan tersebut hampir merata di wilayah Riau malam ini. BMG juga mendapatkan temperatur udara maksimum relatif menurun mencapai 30 Derjat Celsius hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait