Hujan Lebat Berpeluang di 3 Wilayah Riau

528 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah daerah Provinsi Riau kembali akan diwarnai oleh hujan dengan intensitas lebat pada Minggu (20/12/09) ini. Secara umum, peluang hujan merata untuk wilayah Riau. Namun intensitas hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Riau bagian Tengah, Selatan dan Riau bagian Barat. Wilayah Riau bagian lainnya hanya mengalami hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

“Awan konvektif masih subur di Riau. Keadaan itu dipicu oleh naiknya suhu permukaan laut yang memeperbanyak penguapan yang menghasilkan awan tersebut,”terang kepala kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih kepada RiauInfo di Pekanbaru.

BMKG juga mendapatkan hujan berpotensi disertai petir dan angin kencang. Meski secara normal kecepatan angin rata-rata hanya berkisar 5 hingga 25 kilomter per jam. Namun pada saat cuaca buruk, kecepatan angin akan bisa mencapai 45 kilometer perjam.

Wilayah tengah Provinsi Riau yang berpelaung hujan lebat itu diantaranya adalah Kota Pekanbaru sendiri. Hujan umumnya akan terjadi pada rentang waktu sore, malam hingga dini hari nanti. Laut yang mengalami peningkatan suhu permukaannya dan mempercepat penguapan dan pertumbuhan awan adalah Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan. Penguapan air laut tersebut mengarah dan menumpuk di wilayah Sumatera termasuk di Riau. Sehingga hujan masih meluas di wilayah Pulau Andalas ini secara umum.(Surya)

Posting Terkait