HUJAN TIDAK MERATA…, BMG Jawab Penyebab Hujan Aneh di Pekanbaru

470 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah warga merasa aneh dengan keadaan hujan yang turun di Kota Pekanbaru, Minggu (15/03/2009) ini. Keanehan itu terasa karena hujan turun secara sebelah-sebelah atau lokal. Seperti yang terjadi di wilayah Kecamatan Sukajadi jalan Dagang dan sekitarnya hujan terasa lebat dalam waktu yang relatif singkat. Sementara, di wilayah jalan Pepaya yang hanya berjarak sekitar 100 meter tidak terjadi hujan sama sekali.

Hujan seperti itu juga terjadi di sejumlah bagian Kota bertuah ini. Seperti di kawasan jalan A.Yani, terjadi hujan lebat pada pukul 14.30 WIB sekitar 45 menit. Namun tiba-tiba reda dan sebagian udara lain di kota Pekanbaru terlihat cerah.

Rupanya Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, bahwa hujan lokal terjadi akibat adanya hujan buatan yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di beberapa wilayah Riau, Minggu (15/03/2009) ini.

BMG Pekanbaru mengatakan hujan buatan akan merangsang gumpalan awan dan menurunkan hujan. Namun intensitas dan wilayah hujan sangat dinamis. Sedangkan normalnya cuaca Riau hanya berawan pada hari ini.

Staf analisa Ardhitama mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, hujan buatan merupakan proses pembentukan awan melalui penyebaran Natrium dan Clorida (NaCl) ke wilayah udara. Penyebaran dilakukan dengan pesawat dan tentu saja hanya tidak sepenuhnya akan menurunkan hujan. Sehingga hujan lokal seperti yang terjadi di Kota Pekanbaru akan mudah terjadi.(Surya)

Posting Terkait