Ibu-ibu Bengkalis Ikuti Latihan Keterampilan Quilting

811 views

Ibu-ibu-bengkalis

DURI (RiauInfo) – Untuk meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan ekonomi di daerah sekitar operasional, SKKMigas–PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) mengadakan pelatihan quilting pada 5-7 Maret 2014. Pelatihan ini terlaksana berkat dukungan Persatuan Ibu-ibu Chevron Duri (PIICD).
Rilis yang diterima dari Bagian Humas PT Chevron menyebutkan, sebanyak 20 orang ibu rumah tangga dari wilayah sekitar Kabupaten Bengkalis mengikuti kegiatan yang dibimbing tahap demi tahap secara suka rela oleh trainer berpengalaman dari PIICD.

Pelatihan yang bertempat di gedung pertemuan PIICD mendapat kehormatan dibuka oleh Romaini Herliyan Saleh Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis yang didampingi Mulyani Hasan Basri Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Mandau.

Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada manajemen Chevron dan PIICD atas hadirnya program quilting. Harapannya, ibu-ibu kabupaten Bengkalis menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan ilmunya di daerah masing-masing sehingga dapat menambah perekonomian keluarga.

Winda Damelia, selaku perwakilan Policy Government and Public Affair (PGPA) Duri-Bekasap, dalam kesempatan yang sama berharap quilting dapat meningkatkan silaturahmi perusahaan dengan para pemangku kepentingan sekaligus salah satu program investasi sosial di bidang pemberdayaan ekonomi dan perempuan.

Seni menjahit quilting merupakan gabungan antara patchwork dan applique. Patchwork adalah teknik menjahit potongan-potongan kecil kain perca aneka warna dan motif yang disusun dan disambung-sambung menjadi satu.

Applique dapat diartikan dengan menempel, meletakkan atau memasang potongan kain yang membentuk sebuah gambar. Kombinasi kedua teknik tersebut disebut dengan quilting yaitu teknik menjahit dua lapis kain yang diisi bahan sejenis kapas atau biasa disebut dengan dacron, lalu dijahit bersama-sama menjadi satu garis atau motif tertentu untuk menjaga isi pada tempatnya.

Quilting dapat menjadi peluang emas karena belum banyak orang di Indonesia yang menguasainya. Selain memiliki nilai seni tinggi quilting juga memiliki nilai jual yang tinggi.(rls/ad)

Posting Terkait