Ibu Muslimah ‘Laskar Pelangi’ Titip Pesan Untuk Perempuan Riau

272 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pada acara penghargaan Inspiring Women yang ditaja DPW PKS Riau, selain memberikan penghargaan kepada 8 wanita terbaik Riau, juga menghadirkan sosok inspirator cerita Laskar Pelangi, ibu Muslimah. 

Pada kesempatan tersebut, ibu Muslimah yang dikenal sebagai sosok peduli dunia pendidikan dan yang tak kenal menyerah ini memberikan pengalamannya dan menitip pesan kepada masyarakat Riau, khususnya kaum hawa untuk terus berbuat dengan tulus, tanpa kenal pamrih.

Diungkapkannya, sebagai orang yang telah menentukan pilihan, baik yang menjatuhkan pilihan sebagai pegawai kantor, guru atau lainnya, harus benar-benar berbuat yang terbaik.

Jangan pernah berpikir muluk-muluk. Sebab jika sudah terlintas hal demikian, maka ketulusan untuk berbuat akan terhalang.

Sikap tulus sangat diperlukan, apalagi dengan kondisi seadanya. Banyak orang yang tidak berhasil ketika melalui kondisi seperti ini. Pada hal jika mampu mengatasinya, tentu akan ada hikmah dan hasil yang akan kita petik dikemudian hari, katanya.

Ia mencontohkan ketika dulu saat dirinya mengajar di sebuah sekolah yang ada di daerah Belitung dengan kondisi serba seadanya. Nyaris tidak ada penunjang yang bisa dibanggakan, namun berkat keyakinan dan ketekatan untuk mengangkat moral pendidikan di sana, maka semuanya bisa teratasi, katanya.

Lanjutnya, sebagai manusia biasa, tentunya tak luput dari kehilapan. Namun jika ada kehilapan, maka cepatlah meminta maaf dan melakukan introfeksi diri dari apa yang telah kita buat. Hal ini penting untuk mengukur diri serta meluruskan niat apa yang telah harapkan.

Pada dasarnya, murid di sekolah tidak ada bandel. Yang ada hanya hyper aktif, suka bertanya dan suka bengong. Namun masing-masing kriteria murid ini semuanya pasti ada kelebihan dan kecerdasan tertentu yang mereka miliki.

Karenanya, kita harus terus bersabar dan melakukan terobosan dalam memahami anak didik. Dengan demikian, kreativitas anak yang sebelumnya tak terlihat akan bisa dirasakan.

Selain itu, ibu Muslimah pun mengharapkan kepada kaum hawa, jangan pernah terjebak dalam dunia hitam. Sebab jika sekali saja larut dalam lubuk kehinaan tersebut, maka akan sulit untuk bangkit. Karenanya, bentengilah diri dengan niat benar dan ketulusan. Tetaplah untuk berbuat terbaik, demi kepentingan orang banyak, Minggu (21/12). (muchtiar)

 

Posting Terkait