Ingin Angkat Budaya Melayu Melalui Seni

575 views
news1387PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Umum Dewan Kesenian Riau (DKR), Drs Edi Ahmad RM, masa khidmat 2007-2012 berkeinginan besar untuk mengangkat budaya melayu di Riau melalui seni. Hal ini dikarenakan sesuai dengan visi Riau tahun 2020, menjadikan Riau sebagai pusat budaya melayu.

“Saya contohkan saja dengan Presiden Penyair Indonesia (Sutardji Colzoum Bachri), dialah orang yang pertama sekali mengangkat budaya melayu di Jakarta. Dimana pada waktu itu, Sutardji dengan gagah berani mengugah Jakarta dengan budaya melayu dan puisi mantranya,” ungkap Ketua Umum DKR, Drs Edi Ahmad RM dalam sambutannya di acara Pengukuhan Pengurus DKR di Hotel Sahid, Jumat (22/6).

Menurut Edi, Sutardji inilah yang mengangkat nama Riau melalui kebudayaan melayu yang dikembangkan ditengah bangsa Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Sehingga saat ini orang telah mengenal Riau dengan kebudayaan melayunya.

“Ini patut kita beri suatu penghargaan yang besar terhadap diri Sutardji. Dengan keberanian dan otak yang sangat cerdas mampu mengharumkan nama Riau dimata Nasional,” katanya.

Untuk itu, Ketua Umum DKR dan beserta anggotanya mencanangkan Juni sebagai hari jadi Sutardji Colzoum Bachri. “Kita selaku generasi muda harus dapat mencontoh apa yang telah dikerjakan oleh seorang seniman seperti Sutardji yang saat ini genap berumur 66 tahun, pada tanggal 24 Juni mendatang. Dia dapat menjadi pelejut bagi kita untuk tetap mengangkat marwah kebudayaan melayu di Riau maupun di Internasional sekalipun,” terangnya.

“Saya berjanji akan memangku teguh tugas yang telah diembankan kepada saya. Dan saya juga berharap kepada pemerintah untuk dapat memberikan dukungan sepenuhnya apa yang telah diprogram DKR kedepan,” pintanya.

Kepada bung Sutardji Calzoum Bachri, selamat dan tahnia di Hari Ulang Tahun ke-66.Semoga tetap eksis mengeluarkan karya-karya bagi anak negeri ini (Riau). (dowi)

 

Posting Terkait