Ingin Mengetahui Pengelolaan Rawa Gambut

379 views
news3659 (1)PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sekaligus menambah wawasan praktis sebagai gambaran nyata dari teori yang selama ini diperoleh di bangku kuliah, mahasiswa Jurusan Biologi Unri melakukan kunjungan ilmiah industri ke PT Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp), Selasa (8/1) kemarin.

Mahasiswa yang berada di bawah bimbingan dosen Haris Gunawan ini berjumlah 45 orang. Kunjungan ini sebagai salah satu agenda yang disajikan pada mata kuliah Ekologi. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Direktur CSR Riaupulp Amru Mahalli, Campus Relations Head Samsuriya Hasyim, Environmental Staf Mill Jailani, dan Staf Public Relations Riaupulp Sufandi dan Helda Yurismi.

Mahasiswa yang mengikuti kunjungan tersebut sebanyak 45 orang yang sedang duduk di semester 3, 5, dan 7. Agenda kunjungan kali ini akan meninjau sektor Estate Pelalawan yang terletak di kawasan desa Pelalawan.

Direktur CSR Riaupulp Amru Mahalli dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan mahasiswa tersebut. Lebih lanjut Amru mengatakan bahwa Riaupulp sangat terbuka dan mau bekerjasama terlebih pada instansi pendidikan. sebagai salah satu wujud kepedulian Riaupulp dalam menerapkan konsep Triple Bottom Line atau yang lebih dikenal dengan 3P yakni, Provit, People and Planet.

‘’Riaupulp berkomitmen untuk menerapkan konsep 3P. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan maupun masyarakat khususnya sekitar area operasional perusahaan.

Berbagai upaya telah dilakukan Riaupulp guna mewujudkan konsep 3P. Diantaranya, saat ini Riaupulp juga telah menerapkan konsep Mosaic Plantation yang terbukti mampu menjaga keanekaragaman hayati hutan sekaligus menjaga hutan bernilai konservasi tinggi.

“Wujud kepedulian Riaupulp juga dapat dilihat dari besarnya kepedulian Riaupulp dalam menumbuhkembangkan sumber daya manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Untuk pendidikan sendiri, Riaupulp membentuk bidang Campus Relations yang spesial menangani dunia pendidikan khususnya kalangan Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Haris Gunawan selaku Dosen pembimbing mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Riaupulp yang telah sudi menerima kunjungan mereka. ‘’Tujuan dari kunjungan ke Nursery Estate Pelalawan ini adalah untuk melihat langsung proses pembibitan dan penanaman yang dilakukan oleh perusahaan serta melakukan tinjauan ekologi, konservasi, dan restorasi rawa gambut,” tegasnya.

Haris menambahkan, ‘’Semoga mahasiswa melihat langsung pengelolaan rawa gambut oleh perusahaan dan menepis isu-isu negatif tentang Riau dan Indonesia umumnya yang selama ini digaungkan oleh berbagai LSM luar negeri yang menyebutkan bahwa Indonesia sebagai penyuplai Karbon dan perusak lahan gambut,. Semoga mahasiswa dapat membuat karya tulis ilmiah melalui kunjungan ini.” jelasnya.(Ad/ril)




Posting Terkait