ISG Bakal Disiarkan di Al Jazeera 13 Feb 2012 21:19 wib Tony

446 views
JAKARTA (RiauInfo)– Penyelenggaraan Islamic Solidarity Games (ISG) III Tahun 2013 di Provinsi Riau bakal disiarkan secara langsung oleh televisi terkemuka di dunia Aljazeera. Usulan itu menguat dalam pertemuan antara Gubernur Riau HM Rusli Zainal dengan Wakil Presiden Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) Ari Tedja di Jakarta, Senin (13/2). Ari didampingi beberapa pengurus ISSF lainnya.

“Kita harapkan semua pertandingan cabang olahraga pada ISG III nanti bisa disaksikan oleh masyarakat seluruh dunia, karena ini ivent internasional,” ucap Gubernur Riau Rusli kepada pers usai pertemuan.

Selain itu, iven ISG tidak sekedar diisi pertandingan olahraga, namun juga pertunjukan budaya dari berbagai negara, termasuk pertemuan bisnis dalam bentuk investment forum. “Kita tentu juga ingin “menjual” berbagai potensi yang ada. Sejauh ini, pengusaha-pengusaha Timur Tengah banyak yang investasi ke Malaysia, kenapa nggak kita tarik ke Indonesia, terutama Riau yang berbatasan langsung,” terang Rusli seraya menyebut juga akan digelar berbagai pameran, seperti busana-busana muslim dan lainnya.

Terkait masalah persiapan, Rusli sangat optimis karena sebelumnya digelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Tahun 2012 di Riau, sehingga berbagai venues yang diperlukan sudah tersedia. “Memang ada beberapa yang harus kita renovasi sehingga berstandar internasional,” jelasnya lagi.

Rencananya, 57 negara yang akan ikut ambil bagian pada ajang ISG III akan membahas masalah cabor-cabor yang akan dipertandingkan. Paling lambat pada Maret 2012 sudah ada keputusan final. “Nanti Pak Ari sebagai Wakil Presiden ISSF akan ikut membahas masalah itu,” katanya, yang juga dibenarkan Ari Tedja.

Sejauh ini, berbagai persiapan dan koordinasi terus dilakukan. Apalagi, ivent ini cukup besar mengingat akan diikuti oleh 57 negara-negara Islam. “Kalau ini sukses, tidak hanya Riau yang akan mendapat nama tapi Indonesia. Makanya, kita harus optimal,” tegasnya. (rls)

 

Posting Terkait