Jaksa Tidak Profesional Dituntut Mundur di Riau

151 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ratusan demonstran mendatangi Kejaksaan Tinggi (Kajati) provinsi Riau, Rabu (19/11) ini di Pekanbaru. Massa yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum itu menamakan diri mereka Forum Masyarakat Peduli Hukum Riau. Massa menuntut mundur jaksa yang tidak profesional untuk penegakkan supremasi hukum di Indonesia khususnya di Riau Bumi Lancang Kuning ini. 

Selain itu, massa meminta ketua Kejaksaan Tinggi Riau untuk memeriksa oknum-oknum jaksa yang terlibat dalam ‘Jual-Beli Perkara’ sebagai mafia Kejaksaan di Riau. Permintaan ketiga, massa menuntut Jaksa Agung agar memberi sanksi tegas terhadap Oknum-oknum Kejaksaan yang terbukti Melawan Hukum sesuai dengan kode etik Kejaksaan.

Tuntutan keempat, massa meminta Jaksaa Agung melalui Kejaksaan tinggi Riau untuk memecat atau memberhentikan jaksa-jaksa yang tidak profesional dalam menangani Perkara Hukum di Riau. Permintaan terakhir, massa memberikan peringatan atau somasi bahwa akan melanjutkan aksi mereka ke Jaksa Agung jika permintaan mereka ini tidak ditindaklanjuti oleh Kajati Riau.

Tuntutan massa itu menyusul temuan-temuan Jaksa yang diduga berlaku kompromi dan memihak kepada pihak yang loyal terhadap jaksa dalam perkara. Dalam spanduk orasi massa terlihat tulisan ‘Perjelas Stasus Hukum PT.Tenaga Kampar’.

Asisten Intelijen Kajati Riau Ilman Arahman menerima massa di depan kantor Kajati Riau. Ilman menegaskan akan menyampaikan aspirasi massa ke Kajati Riau untuk ditindaklanjuti nantinya. Massa yang diketuai Nasarudin dan Korlap Mulyono itu akhirnya membubarkan diri dengan tertib usai mendengar pejelasan Ilman.(Surya)

 

Posting Terkait