Jelang Akhir Tahun Harga Gula Pasir Melambung

413 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Menjelang akhir tahun ini harga gula pasir di Pekanbaru melambung tinggi. Jika sebelumnya pedagang menjualnya dengan harga sekitar Rp8.500 per kilogram, kini melambung menjadi Rp 11.000 per kilogram.

Dari pemantauan yang dilakukan RiauInfo Senin (21/12) di sejumlah pasar di Pekanbaru terlihat hampir semua pengecer mematok harga yang sama untuk gula pasir. Pedagang mengaku kenaik harga gula yang sangat tinggi itu memang telah terjadi di tingkat distributor.

Sementra itu pihak distributor sendiri mengaku tidak tahu penyebab penyebab meningkatnya harga gula itu. “Kami tidak tahu apa penyebabnya. Kenaikannya memang sudah terjadi saat dikirim kepada kami,” ungkap Ibrahim, salah seorang pengecer.

Dia mengatakan sampai saat ini stok gula di pasaran masih cukup banyak, sebab gula terus berdatangan ke sini. “Tapi kami harus membeli gula dari pabrik dengan harga mencapai Rp10.000 oer kilogram. Akibatnya terpaksa kami jual Rp11 ribu,” jelasnya.

Dengan harga Rp 11 ribu perkilogram itu saja, keuntungannya sangat minim, karena harus mengelarkan biaya transportasi dan buruh angkut. “Kalau kami jual di atas itu lagi, kami takut tak terbeli oleh masyarakat,” tambahnya.(ad)

 

Posting Terkait