Jumlah Hotspot Turun Drastis Ditengah Temperatur Tinggi

519 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski cuaca cerah dengan temperatur tinggi, pembakaran hutan dan lahan sangat turun drastis jumlahnya siang ini. Baik secara umum provinsi di Sumatera maupun di provinsi Riau sendiri jumlah titik api hari ini menggembirakan.

Namun catatan unik adalah laporan satelit NOAA 18 dinilai terlalu dini hari ini dibanding hari biasanya. Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Minggu (13/04) ini NOAA 18 melaporkan pada pukul 12.00 WIB. Padahal titik puncak temperatur setiap harinya wilayah barat Indonesia seperti di Sumatera sekitar pukul 13-14.00 WIB.

Hasil pantauan satelit tersebut hanya menangkap satu titik di wilayah Sumatera. Titik api satu-satunya ini terdapat di Bangka Belitung. Sedang di provinsi lain, termasuk Riau titik api dilporkan nihil alias tidak ada sama sekali.

BMG juga mendapatkan hasil satelit kemarin menangkap titik api cuma satu titik di Sumatera yang menyala di kabupaten Rokan Hilir provinsi Riau. Dengan demikian terjawab sudah misterius titik api yang diberitakan RiauInfo kemarin.(Surya)

 

Posting Terkait