Jumlah Karhutla Kian Tertekan di Sumatera

440 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menimbulkan titik api kian berkurang di wilayah pulau Sumatera Kamis (7/08) ini. BMG melaporkan hanya 8 titik api tersebar di 4 provinsi wilayah pulau Sumatera, termasuk provinsi Riau hari ini. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru mengatakan provinsi yang masih punya titik api hari ini yakni provinsi Riau sendiri. Menyusul provinsi Sumatera Utara, Jambi dan provinsi Sumatera Selatan. Untuk provinsi Riau sendiri, penurunan titik api karena adanya upaya pemadaman dari Pusdal Karhutla Riau beberapa hari lalu.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, titik api di provinsi Riau dan Aceh masing-masing hanya satu titik menyala hari ini. Di provinsi Riau sendiri, satu titik api itu menyala pada wilayah kabupaten Pelalawa. Sedangkan di provinsi Jambi dan Sumatera Selatan masing-masing 3 titik menyala. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi 8 titik di Sumatera hari ini.

BMG juga mencium luasnya peluang hujan di wilayah Riau. Sehingga, kemungkinan titik api akan hilang dan mencapai titik nol dengan adanya peluang hujan berintensitas sedang pada sore hingga malam hari ini di wilayah Riau.(Surya)

 

Posting Terkait