JUMLAH KARHUTLA RIAU TERTINGGI… 94 Titik Api Tersebar di 7 Provinsi

493 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tujuh provinsi tercatat menjadi korban kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pulau Sumatera, Sabtu (20/6/09) ini. Keadaan itu menyusul musim kering yang melanda daerah Pulau Andalas ini. Provinsi Riau tetap sebagai provinsi yang terbanyak menderita kejahatan hutan dan lahan tersebut hari ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan, hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap sedikitnya 48 titik api tersebar di daerah Provinsi Riau.

Sedangkan daerah Provinsi Aceh mengalami 18 titik kebakran hutan dan lahan. Selanjutnya ada 16 titik kebakaran hutan dan lahan di daerah Provinsi Sumatera Barat. Sementara daerah Provinsi Sumatera Utara dan Jambi masing-masing menjadi korban 5 titik api. Tidak ketinggalan Provinsi Bengkulu dan Jambi masing-masing dengan 1 titik. Sehingga jumlah kebakaran hutan dan lahan mencapai 94 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, musim kering dalam bulan ini masih berlanjut di Sumaetra. Umumnya daerah provinsi yang mengalami kebakaran dipicu oleh cuaca cerah dan tempertur tinggi. Seperti Riau yang mengalami cuaca cerah dengan temperatur 34,3 derjat celsius sepanjang siang tadi. Sehingga kebakaran hutan dan lahan masih perlu diwaspadai.(Surya)

Posting Terkait