Jumlah Penduduk Pekanbaru Bertambah 71 Ribu Jiwa

177 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Berdasarkan hasil Sensus Penduduk yang saat ini sedang berlangsung, diperkirakan penduduk Pekanbaru mengalami penambahan sekitar 71 ribu jiwa. Jika pada 2007 jumlah penduduk Pekanbaru 779.899 jiwa, maka tahun 2010 ini menjadi 850.000 jiwa.


Kepala BPS Pekanbaru, Ruslan Harus kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, angka 850 ribu jiwa itu merupakan hasil sensus seentara yang telah dilakukan per 1 Me 2010. Pada pekan keempat sensus ini jumlah penduduk Pekanbaru yang telah berhasil dicacah jumlahnya sekitar 830 jiwa.

Dia memperkirakan pada tanggal 31 Mei menfatang Sensus Penduduk di Pekanbaru akan rampung dilaksanakan. Dari 2.626 blok sensus, telah terdata sekitar 380 ribu penduduk. Karena itu diperkirakan dari hasil sensus ini nantinya akan diketahui jumlah penduduk Pekanbaru sekitar 850 jiwa.

Angka itu diperoleh dari laporan awal petugas Sensus Penduduk 2010 tingkat kelurahan se Kota Pekanbaru. Tapi untuk data resmi BPS Pekanbaru, data jumlah penduduk yang telah disensus yang kemudian diolah, baru mencapai 60 persen. Namun secara umum, data yang masuk sekitar 80 persen.

Dia menyebutkan pelaksanaan sensus penduduk di Pekanbaru telah berjalan dengan lancar, termasuk di lokalisasi Teleju yang petugasnya sempat dilarang melaksanakan tugasnya karena ada tantangan dari warga Teleju. Namun akhirnya petugas berhasil juga mendata di sana.(ad)

Posting Terkait