JUMLAH TITIK API MENYUSUT… Riau Monopoli Karhutla Sumatera

349 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah kebakaran hutan dan lahan semakin tertekan di wilayah Provinsi Riau. Namun, Provinsi Riau masih tercatat sebagai provinsi terbanyak mengalami kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Pulau Sumatera Minggu (25/01/2009) ini. Bahkan Provinsi Riau tercatat sebagai provinsi satu-satunya yang mengalami Karhutla di Sumatera hari ini. Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menangkap sebaran Karhutla sebanyak 12 titik di provinsi Riau. Jumlah itu semakin tertekan dibanding kemarin mencapai 36 titik api di Riau. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, rekaman satelit NOAA 18 pukul 13.04 WIB mendapatkan 4 titik Karhutla berada di wilayah kabupaten Bengkalis. Sementara, Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai masing-masing mempunyai 3 titik api. Wilayah Kabupaten Pelalawan juga mengalami sedikitnya 2 titik api. Sehingga jumlaH Karhutlai genap 12 titik di Riau hari ini.

Staf analisa Warih, mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdalkarhutla Riau mengatakan, Karhutla mulai menyusut akibat peluang hujan mulai positif di sejumlah wilayah Riau hari ini. Umumnya hujan akan luas terjadi di wilayah Riau bagian Selatan, dan bagian Barat serta Riau bagian Tengah. Karhutla yang bertahan hari ini dipicu oleh cuaca cerah dan berawan serta temperatur tinggi mencapai 30 Derjat Celsius, masih mewarnai Provinsi Riau pada pagi hingga siang hari tadi.(Surya)

 

Posting Terkait