KABUT ASAP KIAN MENEBAL… ISPA Mengancam Masyarakat Riau

518 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) kembali mengancam masyarakat Riau. Ancaman tersebut muncul dari asap kebakaran hutan dan lahan yang mencapai ratusan di Riau dan Sumatera, Senin (25/05/2009) ini. Dari pantauan satelit, BMKG mendapatkan kabut asap telah menyelimuti Riau dari bawah dan dari udara.

“Kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan yang mencapai ratusan titik di Riau hari ini telah terlihat. Sementara, asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan provinsi lain juga datang ke Riau. Sehingga kabut asap semakin menebal menutupi Riau dari udara dan dari darat Riau sendiri,”ungkap Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Warih kepada RiauInfo.

BMKG menjelaskan, kabut asap hanya akan hilang jika adanya hujan dan dibawa oleh angin ke daerah lain. Sementara ini, hujan sangat kecil di Riau dan pola angin dari Tenggara menuju Barat Daya hanya berkecepatan rendah. Sedangkan angin dari provinsi lain juga membawa asap menuju Provinsi Riau. Sehingga ancaman kabut asap terjadi dari udara dan dari darat Riau sendiri hari ini.(Surya)

Posting Terkait