KAKANDEPAG BAGU KABUPATEN BENGKALIS DILANTIK Abdul Gafar Usman: Tugas Kakandep Sangat Berat

590 views
news2585BENGKALIS (RiauInfo) – Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Jum’at (28/9) kemarin, Bupati Bengkalis H Syamsurizal melantik dan mengambil sumpah Kepala Kantor Departemen Agama (KakanDepag ) Kabupaten Bengkalis.

Kakadenpag yang dilantik bupati Bengkalis yang mengantikan HA Rahman D yang memasuki masa pensiun adalah H A Abdul Aziz Has yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Urais KanDepag Bengkalis.

Selain Ketua DPRD diwakili H Barmawi KN, Muspida dan pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis, pelantikan yang berlangsung hikmat tersebut, juga dihadiri Kepala Kanwil Depag Riau H Abdul Gafar Usman dan, sejumlah pejabat teras Kanwil Depag Riau, serta seluruh kepala KUA se Kabupaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Abdul Gafar Usman mengatakan, sejak lama antara Depag dengan Pemda sudah terjadi sebuah kebersamaan yang sangat erat. kedua lembaga ini saling bersinergi dalam membangun umat. “Keduanya bagai dua sisi mata uang yang satu sama lain sama-sama berharga dan tidak dapat dipisahkan,” ungkap Gafar.

Dijelaskan Gafar, pegawai Depag tidak sama dengan pegawai Pemda atau dinas lainnya. Pegawai Depag berkerja sepanjang karier, karena tujuan pekerjaan pegawai Depag adalah membimbing moral dan akhlaq ummat. “Untuk itu saya katakan, kerja di Depag ini sangatlah berat. Pekerjaannya sangat panjang namun langkah karyawan Depag sangatlah pendek. Untuk itu perlu kebersamaan dan saling sinergi antara Depag dengan Pemda,” terang Gafar lagi.

Masih menurut Gafar, kendati terkadang dipandang hanya sebagai sebuah lembaga vertikal dan tidak hubungan langsung dengan Pemda. Namun, keberadaan Depag itu sangat-sangat dibutuhkan, Depag memang lembaga vertikal namun program kerjanya untuk daerah itu sendiri.

“Selain itu saya tidak melihat di seluruh kabupaten/kota di seluruh Riau ini yang tidak meletakkan dasar visi dan misinya berdasarkan iman dan taqwa.. Ini artinya apa, kehidupan keberagamaan sangat-sangat dipandang penting oleh Pemerintah Provinsi Riau dan seluruh daerah di Bumi Lancang Kuning ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gafar juga menyampaikan terima kasihnya kepada Pemda Bengkalis, yang telah turut serta memikirkan dan memberikan perhatian serius terhadap pertumbuhan dan perkembangan sekolah madrasah yang ada di Bengkalis. Hal ini, kata Gafar, dibuktikan Pemkab Bengkalis dengan pemberian honor kepada guru-guru madrasah.

“Untuk itu saya berharap kepada kepala Depag Bengkalis yang baru dilantik, untuk terus meningkatkan kinerja dan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kebersamaan yang telah terjalin dengan baik selama ini. Rancang dan bangun program yang berkualitas demi kejayaan umat di Bengkalis ini,” harapnya

Sementara itu dalam sambutannya H Syamsurizal mengatakan, selama ini di Bengkalis sudah terbangun sebuah kerja sama yang sangat baik antara Pemda dengan Depag. Sebagai salah satu bukti, setiap tahun tahun anggaran yang diberikan untuk sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Depag terus meningkat. Hal itu kata Syamsurizal tidak terlepas dari dukungan DPRD dan Pemda Bengkalis.

Dalam pada itu Syamsurizal juga mengingatkan kepada Kakandepag yang baru, untuk mewaspadai orang-orang yang selalu mendompleng atau mengatasnamakan agama, padahal perbuatannya itu hanya untuk kepentingan pribadi. “Perbuatan semacam ini sudah seringkali terjadi, harapan kami Kakandepag yang bisa mengantisipasinya ini,” harap Syamsurizal.

Kemudian, Syamsurizal juga berharap, agar ke depan program-program yang dirancang oleh Kandepag Bengkalis untuk tetap dan harus bersinergi dengan program yang dirancang oleh Pemda Bengkalis. Hal itu dimaksudkan agar arah kebijakan dan pembangunan Bengkalis sejalan. “Teruslah berkoordinasi dengan Pemda, tingkatkan kinerja dan kualitas sehingga mampu mengemban amanah dalam meningkatkan pembangunan umat dan bangsa,” harapnya lagi. (Tony/rls)

 

Posting Terkait