Karhutla Mulai Menyala di Tiga Provinsi

323 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski peluang hujan hanya terjadi saat malam hari, namum kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali nihil di wilayah provinsi Riau, Selasa (9/09) ini. BMG mendapatkan wilayah pulau Sumatera telah memasuki musim hujan, termasuk provinsi Riau. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan banyak suatau penyebab musim hujan atau tingginya curah hujan di suatu wilayah. Diantaranya massa udara yang makin lembab, pola dan gerakan angin hingga suhu permukaan laut di sekitar wilayah tersebut.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 mendapatkan nol titik api di wilayah Riau hari ini.

Namun untuk wilayah provinsi lainnya di pulau Sumatera masih mempunyai titik api hari ini. Seperti di provinsi Sumatera Selatan tersebar 2 titik api dan 2 titik juga berada di wilayah provinsi Sumatera Utara. Tidak ketinggalan provinsi Aceh dengan mempunyai 3 titik kebakaran hutan dan lahan. Sehingga jumlah hotspot Karhutla menjadi 7 titik di pulau Sumtera hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait