KARHUTLA TERTEKAN KE TITIK NOL… Peluang Hujan Luas di Riau Tengah dan Selatan

571 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali tidak menyala di wilayah provinsi Riau Jumat (21/11) ini. Sementara, temperatur maksimum mencapai 32 Derjat Celsius dengan cuaca cerah berawan. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan gejala hujan relatif merata melanda wilayah Riau hari ini. 

Bahkan BMG Pekanbaru juga melaporkan hasil rekaman Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 juga tidak menangkap satu titik Karhutla pun di Pulau Sumatera. BMG Pekanbaru menilai hujan yang relatif merata melanda kota Pekanbaru sejak malam tadi masih menyisakan kelembaban di sejumlah lahan di Riau. Sehingga penyulutan titik api berkurang hingga titik nol dalam tiga hari terakhir di Riau.

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, keadaan hujan masih mendominasi cuaca Riau hari ini. BMG menangkap peluang hujan bervariatif dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat di wilayah provinsi Riau Bagian Tengah dan Bagian Selatan.

Wilayah Riau bagian tengah yang rawan hujan seperti Kota Pekanbaru, sebagian kabupaten Siak, Pelalawan dan sebagian wilayah kabupaten Kampar. Sedangkan wilayah Riau bagian Selatan seperti kabupaten Inderagiri Hilir, Inderagiri Hulu dan Kuantan Singingi juga rawan hujan tersebut. BMG Pekanbaru menangkap intensitas hujan ringan hingga sedang pada sore dan malam hari di wilayah Riau hari ini.(Surya)



Posting Terkait