KARHUTLA TERTEKAN… Tiga Bagian Wilayah Provinsi Riau Dikunjungi Hujan

84 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tiga bagian wilayah Provinsi Riau mulai dihampiri hujan Minggu (25/01/2009) ini. Hujan dengan intensitas antara ringan hingga sedang, diperkirakan luas terjadi di wilayah Riau bagian Selatan, Barat dan wilayah bagian Tengah. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menilai, hujan juga sangat ampuh menekan perkembangan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau dalam sepekan terakhir. 

Staf analisa Warih mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu mengatakan, wilayah Riau bagian Tengah seperti Kota Pekanbaru dan sekitarnya hanya berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Hujan ringan itupun hanya bersifat lokal dengan jarak waktu yang relatif singkat pada siang, sore atau malam hari.

Sementara, wilayah Riau bagian Barat dan Selatan lebih mempunyai peluang hujan dengan intensitas ringan hingga mencapai sedang. Wilayah Riau bagian Barat seperti Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan sekitarnya akan berpeluang dikunjungi hujan pada siang. sore dan malam hari. Begitu juga dengan wilayah Riau bagian Selatan seperti Inderagiri Hilir (Inhil), Inderagiri Hulu (Inhu), Pelalawan dan sekitarnya berpeluang hujan ringan hingga sedang pada sore atau malam hari nanti.

BMG menilai peluang hujan telah mampu mempercepat pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau. Pernytaan itu menyusul rekaman Satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 hanya menangkap sebanyak 12 titik Karhutla di provinsi Riau hari ini. Jumlah itu telah berkurang dari 56 Karhutla kemarin.(Surya)

Posting Terkait