Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Diperkirakan Meningkat

522 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Diperkirakan jumlah hewan qurban tahun ini meningkat 3 hingga 4 persen jika dibandingkan Hari Raya Idul Adha 2012 lalu. Namun belum diketaui secara pasti berapa jumlahnya.

“Kita perkirakan tahun ini jumlah hewan qurban meningkat sekitar 3 sampai 4 persen dibandingkan tahun lalu yakni sebanyak 6.979 ekor. Namun berapa jumlah pastinya belum bisa kita katakan saat ini,”ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Djoko Prayitno di Pekanbaru

Menurut Sentot, dari 6 ribu lebih kebutuhan hewan qurban saat ini sekitar 2800 ekor diantaranya sudah tersedia dari petani local. Sedangkan kekurangannya akan dipasok dari luar seperti Sumbar , Jambi serta Lampung.

“Sampai saat ini petani lokal memang belum bisa memenuhi kebutuhan sapi qurban untuk seluruh Pekanbaru. Makanya kita masih bergantung dari hewan qurban yang didatangkan dari luar,”ucap Sentot.

Terkait kesehatan hewan qurban sendiri lanjut Sentot khusus yang dari petani lokal dipastikan sudah terjamin sehat. Sebab pihaknya sudah secara rutin melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap sapi lokal.
Untuk keamanan dan kesehatan hewan qurban pihaknya lebih terfokus pada pemeriksaan keseharan hewan qurban yang didatangkan dari luar Pekanbaru.

“Mulai tanggal 30 September nanti, tim pemeriksa kesehatan hewan qurban dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru sudah mulai turun kelapangan dengan sasaran lokasi penjualan hewan qurban,”tutupnya.(rn)

Posting Terkait