Kecamatan Bengkalis Rajai Standing Zapin

523 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Group zapin dan para penyanyi asal Kecamatan Bengkalis merajai lomba dan maju ke babak akhir kegiatan Standing Zapin yang ditaja Dewan Kesenian Bengkalis (DKB) bekerjasama dengan Pemkab Bengkalis.

Dijelaskan Ketua DKB, H Riza Pahlefi, untuk lomba zapin tradisi yang dipertandingankan dalam kegiatan Standing Zapin ini, ada 5 group yang akan berlaga di partai puncak guna memperebutkan tempat terbaik. “Empat diantaranya merupakan group zapin dari Kecamatan Bengkalis”, jelas Riza kepada sejumlah wartawan saat ditemui di Gedung Kesenian Cikpuan, Senin (27/8).

Kelima group tersebut, sambung Riza, adalah group zapin sanggar Senandung Kasih (Kecamatan Tebing Tinggi Barat). Kemudian, group zapin Sayang Cempako, Zapin Tajhi Zoiniah, Zapin Nurlaila dan Tanjung Murni. “Empat group zapin terakhir, berasal dari Kecamatan Bengkalis”, imbuh Riza.

Sedangkan untuk lomba lagu Melayu kelompok pria, juga ada lima orang yang akan tampil pada babak pamungkas guna memperebutkan posisi terbaik. Kelimanya merupakan penyanyi yang berasal dari Kecamatan Bengkalis. Kelima penyanyi pria dimaksud adalah Andrianto, Firdaus, Bambang Kurniawan, Hendra Adiatma dan Adri Andi.

Selanjutnya, kata Riza, untuk kelompok putri, selain Sri Wahyu Ningsih yang berasal dari Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi, empat finalis lainnya juga berasal dari kecamatan Bengkalis. Yaitu, Arfinda Sari, Nurhidayah. Elia Roza serta Aida Kartika Santi.

“Babak final untuk Standing Zapin, baik itu untuk lomba zapin tradisi maupun lagu Melayu akan dilaksanakan Senin (27/8) malam di Gedung Kesenian Cikpuan”, sambung Riza seraya mengatakan kegiatan Zapin Kampung akan dilaksanakan Selasa (28/8) di Desa Meskom Kecamatan Bengkalis.

Pada bagian lain Riza kembali menjelaskan, sebagaimana tahun lalu, para penari zapin dari negara tetangga Singapura, dipastikan ambil bagian dan bakal menampilkan kreasi zapin terbaik mereka pada puncak gebyar Semarak Zapin Serantau 2007 yang akan digelar di lapangan Tugu Bengkalis, Senin (3/9) malam mendatang.

“Selain Singapura, sebenarnya kita juga menjemput para penari zapin dari Negeri Jiran, Malaysia. Namun karena pada saat ini di Malaysia tengah sibuk dengan kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Kemerdekaan, mereka tidak dapat hadir”, terang Riza.

Ditambahkan Ketua DPRD Bengkalis ini, selain Singapura, sejumlah group zapin terbaik dari beberapa provinsi di Indonesia, sudah menyatakan kesediaan dan dipastikan akan ikutserta menyemerakan kegiatan Semarak Zapin Serantau yang tahun ini digelar untuk ketiga kalinya.

“Diantaranya dari Kutai Kertanegara (Provinsi Kalimantan Timur), Provinsi Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. Begitu juga para pezapin dari kabupaten/kota di Provinsi Riau”, imbuh Riza. (Tony/rls)

Posting Terkait