Kedepan, jalanan Pekanbaru Banyak Satu Arah

607 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kedepan, jalan-jalan di Kota Pekanbaru akan banyak yang akan dijadikan satu arah. Karena, ruas jalan yang saat ini relatif kecil diyakini tidak akan menampung volume kenderaan yang terus bertambah. 

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Muhammadun hal ini bukanlah khayalan, sebab tiga ribuan kenderaan yang bertambah tiap bulannya tidak akan lagi mampu menampung dengan ruas jalan relatif sempit ini. Karena itu, apabila Pemerintah Kota Pekanbaru tidak berniat melakukan pelebaran, atau membuat jalan alternatif lainnya, maka jalan satu arah adalah solusi, untuk menghindari kemacetan.

“Coba bayangkan, luas jalan tidak pernah bertambah sementara dari data diketahui Setiap bulannya, ada tiga ribuan dari semua jenis kenderaan terus bertambah di kota bertuah ini. Maka kedepan saya memperidiksi, akan banyak jalan di kota Bertuah ini yang satu arah,” ujar Muhammudun beberap waktu lalu.

Madun mencontohkan, seperti halnya yang terjadi kota-kota besar Indonesia, seperti Bandung, Jakarta termasuk Medan, setiap tahunnya makin banyak jalan yang sebelumnya ada dua jalur terpaksa dijadikan satu arah.

Sedangkan untuk Pekanbaru sendiri, Pemko Pekanbaru sebaiknya secepatnya mengantisipasi jalan Riau dengan melakukan pelebaran jalan. Sebab jalur lintas utama yang menghubungkan pinggiran dengan kota itu dinilai sudah padat untuk dilalui berbagai kenderaan. (muchtiar)



Posting Terkait