Kelapa Sawit di Riau Umumnya Dikuasai Perkebunan Rakyat

513 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebagian besar lahan perkebunan kelapa sawit di Riau ternyata dimiliki oleh rakyat. Dari sekitar 1,9 juta hektar lahan perkebunan sawit yang terdapat di Riau, 68,05 persen diantaranya dikuasai oleh perkebunan rakyat.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perekebunan Dinas Perkbunan Riau, Ferry HC kepada RiauInfo, Sabtu (13/2) di Pekanbaru. Dia mengatakan selebih itu dikuasai oleh perusahaan swasta dan PTP Nusantara V.

Dia menyebutkan, luas perkebunan rakyat kelapa sawit di Riau saat ini mencapai 976.104 hektar. Sedangkan perkebunan milik swasta seluas 809.448 hektar atau 28,33 persen, dan perkebunan milik PTPN V seluas 90.458 hektar atau 3,17 persen.

Dari persentase itu dapat membuktikan bahwa sektor perkebunan kelapa sawit ini sangat besar pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat di Riau. “Makanya begitu harga sawit jatuh, perekonomian masyarakat langsung jatuh,” ungkap dia.

Ferry menyebutkan lagi harga tandan buah segar (TBS) sawit saat ini sangat tergantung pada perkembangan harga CPO di pasar internasional. Jika harga CPO di pasaran internasional membaik maka dapat dipastikan harga TBS akan mengalami kenaikan.(ad)

Posting Terkait