Keluarga Besar Chevron Gelar Khitan Massal

185 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Keluarga besar PT Chevron Pacific Indonesia kembali menggelar khitanan massal bagi 540 anak yatim dan dhuafa di sekitar daerah operasi di Rumbai, Minas dan Duri. Mereka, antara lain, tergabung dalam Majelis Taklim YKPI Al-Ittihad Rumbai, Persatuan Ibu-Ibu Chevron Minas, tenaga medis Chevron Rumbai dan Minas, Dubic (Klub Sepeda Chevron Duri) dan Laznas Chevron. Kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang liburan sekolah agar anak-anak dapat melaksanakan kewajiban tanpa harus mengorbankan hari-hari sekolahnya.


Di Rumbai, kegiatan khitan massal dilaksanakan di Politeknik Caltex Riau pada Sabtu 14 Desember 2012. Selain khitan cuma-cuma, 300 anak mendapatkan obat-obatan, sarung, makan siang dan pemeriksaan lanjutan ke klinik yang telah ditunjuk panitia. Sebelumnya, ibu-ibu Majelis Taklim YKPI Al-Ittihad melakukan pendataan ke 40 sekolah di sekitar Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir untuk mencari anak-anak dari keluarga kurang mampu yang belum disunat.

Di Minas, sebanyak 79 anak-anak dari kalangan dhuafa dan yatim mendapatkan pelayanan khitan massal cuma-cuma di klinik Chevron di Minas, Kabupaten Siak. Kegiatan khitan massal ini diselenggarakan Chevron bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Islam Masjid Al Fatah (YPIM) dan Persatuan Masjid dan Mushalla (PMM) Kecamatan Minas.

Penyelenggaraan kegiatan khitan massal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sebagian keluarga yang belum mampu mengkhitankan anak-anaknya karena kondisi ekonomi keluarga. “Program ini merupakan bentuk dukungan perusahaan dan keluarga besarnya kepada masyarakat sekitar operasi Chevron untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan dasar,” jelas Wahyu Budiarto, General Manager – Sumatra Light South (SLS) Chevron, Minas. Untuk mendukung pelaksanaan khitan massal tersebut, sekitar 20 tenaga medis dari Chevron Minas dan Rumbai juga ikut berpartisipasi.

Upika Kecamatan Minas yang ikut menghadiri dan meninjau pelaksanaan khitan massal ini menyambut antusias kegiatan untuk keluarga kurang mampu ini. “Kami menyambut baik sumbangsih Chevron membantu masyarakat sekitar wilayah operasinya melalui kegiatan khitan massal ini. Kegiatan yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan elemen komunitas ini juga ikut mendukung upaya pengembangan masyarakat secara berkelanjutan,” jelas Afrizal, Camat Minas.

“Alhamdulillah, akhirnya saya bisa mengkhitan anak saya tahun ini berkat dukungan panitia dan PT. Chevron,” ujar Syafril, salah seorang warga Kecamatan Minas yang ikut mendampingi putranya dikhitan. Ia adalah salah seorang kepala keluarga yang ikut merasakan kebahagiaan saat anaknya mendapatkan kesempatan cuma-cuma memenuhi kewajiban khitan.

Di Duri, khitanan massal bagi 155 anak dhuafa ini juga didukung oleh Komunitas Klub Sepeda Chevron. Mereka mendukung kegiatan ini bekerja sama dengan LAZNas Chevron Duri, donatur, dan para muzakki. Khitan massal di Duri dilaksanakan di UKS Plus Mutiara Duri pada 16-20 Desember 2012.(ad/rls)

Posting Terkait