Kemenpar Luncurkan Calender of Event Gorontalo 2016

1021 views

Kemenpar event Gorontalo

JAKARTA (RiauInfo) – Dalam rangka mendukung pencapaian target pariwisata nasional tahun ini, kedatangan 12 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia dan pergerakan 260 juta wisatawan nusantara di tanah air, berbagai cara jitu harus dilakukan. Salah satunya dengan meluncurkan Calender of Event Gorontalo 2016 yang dilakukan Menpar di Jakarta, Kamis malam.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Calender of Event Gorontalo 2016 selain berpotensi mendukung branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, juga  berpeluang menyukseskan perolehan target pariwisata nasional tahun ini.

“Kegiatan Calender of Event Gorontalo itu, bisa mendatangkan Wisman hingga 3.874 orang. Ini cukup besar,” ujar Menteri seraya berharap para pengelola industri kepariwisataan di Gorontalo terus berusaha mengembangkan tiga komponen; aksebilitas, atraksi dan amenities yang membentuk produk pariwisata di Gorontalo semakin berkualitas dan memiliki daya saing tinggi sehingga target yang ditetapkan akan tercapai.

Menpar  mengingatkan, tiga potensi pariwisata berupa daya tarik budaya (culture), alam (nature) dan buatan (manmade) juga dimiliki Gorontalo dan potensi tersebut tinggal ditingkatkan strategi pemasarannya dan promosinya yang mengacu pada strategi Kemenpar dengan pendekatan DOT (destination, Origin, dan Time) serta BAS (branding, advestising dan Selling).

Gubernur Gorontalo H Ruslie Habibie juga menjelaskan daerahnya memang punya tiga potensi kepariwisataan yang besar, yakni budaya, alam dan lokasi wisata buatan, seperti ditetapkannya Gorontalo sebagai kota adat  ke 19 dari 19 kota adat di Indonesia. Gorontalo juga dijuluki Kota Serambi Madinah dan memiliki filosofi “adat bersendikan Sara, Sara bersendikan Kitabullah”

Ditetapkannya Gorontalo sebagai kota adat. Menurut Gubernur,  mendukung program halal tourism yang diharapkan akan menjadi salah satu tujuan destinasi halal di indonesia.

Calender of Event Gorontalo 2016 akan dilaksanakan secara bertahap dalam beberapa kegiatan festival, mulai 28 Mei hingga 3 Desember 2016. Kegiatan itu antara lain festival pesona Otanaha di benteng Otanaha, kemudian festival limboto, pesona Pulau Saronde, festival pesona Boalemo di Pantai Bolihuto. Atraksi tari, kuliner, dan ragam pementasan seni budaya digelar dalam kegiatan itu. (Herman Ami)

 

pariwisata

Posting Terkait