Kenaikian UMP Riau Belum Sebanding Kenaikan Gaji PNS

281 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kenaikan UMP Riau sebesar 12,68 persen tampaknya sangat jauh dengan rencana kenaikan gaji PNS yang akan dilakukan pemerintah. Sebab pemerintah telah merencanakan akan menaikkan gaji PNS sebesar 300 persen atau sebesar 3 kali lipat dari gaji sekarang.

Namun Pengamat Ekonomi dari Universitas Riau Deliarnov, adanya kenaikan UMP sebesar 12,68 persen itu sudah cukup disyukuri. “Ini membuktikan pemerintah masih mengakomodir kepentingan karyawan dan perusahaan,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (27/11) di Pekanbaru.

Dikatakannya, kenaikan tersebut meski tergolong kecil, namun dampaknya sangat dirasakan oleh para para buruh di perusahaan yang sudah lama sangat berharap adanya kenaikan upah. “Inilah kesempatan mereka menikmati kenaikan upah tersebut,” ungkap Deliarnov lagi.

Karena itu, dia sangat berharap pihak perusahaan mematuhi UMP yang telah menjadi kesepakatan yang bersama iu. Meskipun persentasenya jauh dibawah rencana kenaikan gaji PNS, namun ini akan memberikan nilai tamba bagi para buruh. “Pemerintah harus terus melakukan pengawasan erhadap penetapan UMP ini,” ujarnya.(Ad)



Posting Terkait