Ketinggian Gelombang di Perairan Riau Melebihi Batas Wajar

463 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Memburuknya cuaca akhir-akhir ini menyebabkan gelombang di perairan Riau semakin berbahaya bagi kapal-kapal yang melayarinya. Apalagi gelombang saat ini sudah melebihi batas wajar, yakni mencapai 2 meter lebih.

Kondisi yang sangat diresahkan oleh warga yang tinggal di pulau-pulau ini diperkirakan akan terus berlangsung sampai Januari 2008 mendatang. Sebab berdasarkan ramalan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru, cuaca di Riau akan terus memburuk sampai sebulan mendatang.

Ardi, salah seorang staf dari BMG Stasiun Pekanbaru mengatakan, tingginya gelombang di perairan Riau ini disebabkan kecepatan angin saat ini masih kencang, yakni mencapai 60 km/jam. Karena itu para nelayan dan kapal penumpang diharapkan untuk mewaspadainya.

Dia menyebutkan, selain waspada terhadap gelombang di perairan Riau, cuaca buruk di daratan juga harus diwaspadai jura. Sebab selama JAnuari kemungkin cuaca buruk seperti hujan lebat yang disertai angin kencang dan guru berpeluang terjadi selama Januari mendatang.

Menurut dia, diperkirakan curah hujan yang tinggi akan terjadi di Riau bagian Utara, seperti Dumai, Rokanhilir, dan Rokan Hulu. Hujan yang turun dalam waktu lama ini dikhawatirkan bisa menimbulkan banjir di daerah-daerah itu.(Ad)

Posting Terkait