KETINGGIAN MENCAPAI 3-4 METER Gelombang Ganas Rawan Terjadi di Perairan Riau dan Kepr

172 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang laut yang sangat membahayakan pelayaran masih sangat rawan terjadi di daerah perairan Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang Januari 2008 ini. Gelombang terjadi akibat cuaca buruk yang menimbulkan tiupan angin kencang di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan, angin kencang dengan kecepatan 40 hingga 50 km/jam tersebut membuat gelombang permukaan air laut tingginya menjadi sekitar 3 hingga 4 meter.

“Cuaca buruk yang disebabkan tiupan angin kencang membuat gelombang tinggi akan sering terjadi di perairan wilayah Riau atau Riau Kepulauan. Gelombang ini sangat berbahaya bagi pelayaran. Karena tinggi gelombang tersebut minimal 3 meter hingga mencapai 4 meter,”terang Ardi dari BMG Pekanabru saat dihubungi RiauInfo, Sabtu (05/01) di Pekanbaru.

Keadaan ini telah dideteksi dan diperkirakan oleh BMG pada akhir tahun 2007 lalu.”Cuaca buruk ini hampir merata terjadi di sebahagian wilayah perairan Indonesia. Khusus di wilayah Riau atau Kepulauan Riau, gelombang tinggi tersebut sangat dominan dan rawan terjadi di jalur yang padat dilewati armada pelayaran,”ungkap Ardi.

Laporan ini membuat BMG memberikan peringatan pada pelayaran mesti berhati-hati dan waspada mengingat resiko yang sangat fatal akibat gelombang yang termasuk ganas tersebut.(Surya)

Posting Terkait