KOMODITI BERAS TERTINGGI… Pasar Lelang Agro Catat Transaksi Rp.1,7 Miliar

137 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Total transaksi pasar lelang agro Disperindag Provinsi Riau mencapai Rp.1,7 miliar lebih. Disperindag mencatat 9 jenis komoditi agro positif melakukan transaksi yang dipresentasekan di pasar lelang agro pada 22 April 2009 silam tersebut. Dari sembilan komoditi, beras jenis IR 64 Super tercatat sebagai komoditi yang tertinggi nilai transaksinya mencapai Rp.969 juta.

Beras IR 64 pertama terjual dengan Rp.4.800/kg senilai Rp.960 juta dan transaksi ke dua dengan harga Rp.3.600/kg senilai Rp.9 juta. Selanjutnya panitia pasar lelang agro Disperindag Riau mencatat transaksi Kelapa Kopra terjual sebanyak 50 ribu kilogram dengan harga Rp.3.800/kg sehingga total transaksinya menjadi Rp.570 juta.

Selain itu, komoditi tambahan adalah Dodol Ubi, Keripik Nangka, Pinang, Sayuran dan susu segar murni. Kepala Disperindag Riau Herlian Saleh melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Hamsani Rahman mengatakan, transaksi tersebut merupakan hasil yang berlangsung di pasar lelang. Jumlah transaksi akan bisa bertambah dari pelaku usaha yang melakukan transaksi diluar pasar lelang namun tetap melaporkannya ke Diperindag Riau.

“Disperindag sebagai mediator dan fasilitator dalam hal ini menemukan penjual dan pembeli. Sehingga proses jual belinya akan menjadi tolak ukur dari sejumlah pengusaha lainnya. Karena dengan adanya program pasar lelang ini, maka pelaku usaha terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pasar lelang ini juga berlangsung di provinsi lain. Bahkan DKI Jakarta telah melakukan pasar lelang hampir setiap bulan,”ungkap Hamsani Raman kepada RiauInfo, Jumat (24/04/2009) di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait