Kompetisi Cerdas Cermat Chevron Resmi Dimulai

417 views

KC3PEKANBARU (RiauInfo) – Kompetisi Cerdas Cermat Chevron (KC3) secara resmi dimulai Jumat (24/04). Seluruh peserta yang berjumlah 117 siswa-siswi dari 39 SMA/sederajat mulai berdatangan dari Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Siak.

KC3 merupakan salah satu program investasi sosial SKK Migas- PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) di bidang pendidikan. Program ini diharapkan dapat memacu semangat belajar dan kompetisi siswa-siswi khususnya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat agar nantinya sukses menyelesaikan pendidikannya.

Program ini mendapatkan animo yang baik dari para pelajar, terbukti dari semakin meningkatnya jumlah peserta setiap tahunnya. Bila tahun lalu, kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta, tahun ini 117 peserta.

Selama 5 hari mendatang, para peserta akan mengikuti lomba cerdas cermat, lomba esai, presentasi projek, mengunjungi lapangan minyak Duri, fasilitas operasi Chevron di Gathering Station 5 serta serangkaian kuis edukasi.

Pembukaan KC3 ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Camat Mandau, Drs. H. Hasan Basri, MSi, bersama Manager PGPA Duri-Bekasap, Iwan Azof, selaku perwakilan manajemen Chevron. “Saya berharap agar para peserta dapat berpartisipasi dengan aktif, dan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam berkompetisi,” pesan Iwan kepada seluruh peserta.

Setelah dibukanya lomba cerdas cermat, ratusan peserta terlihat semakin antusias. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam menjawab kuis-kuis yang diberikan Chevron dengan berbagai hadiah menarik. Nikmatul Aula (17 tahun) pelajar di SMA Negeri 1 Kubu Babussalam, Rokan Hilir, menyatakan kegembiraannya dapat menjadi salah satu peserta KC3 2015. “Saya sangat senang mengikuti acara ini, konsep acaranya bagus karena perlombaan ada beragam dan tidak monoton cerdas cermat saja seperti tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya dengan penuh semangat.

Kegiatan KC3 2015 melibatkan puluhan relawan dari berbagai tim di Chevron, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI), dan Persatuan Ibu-Ibu Chevron Duri (PIICD). Hal ini merupakan wujud nyata dari kepedulian keluarga besar Chevron terhadap perkembangan pendidikan di daerah sekitar operasi perusahaan.

Kompetisi Cerdas Cermat Chevron yang digulirkan sejak tahun 2012, diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari Sekolah Menengah Atas (SMA) di sekitar operasi Chevron. Selain meningkatkan semangat belajar dan berkompetisi, KC3 dirancang sedemikian rupa sehingga memberi manfaat lebih kepada para peserta seperti mengasah kepemimpinan, komunikasi, kemampuan menganalisa dan berinteraksi dalam kelompok.(rls/ad)

Posting Terkait