KONSENTRASI HUJAN DI SEJUMLAH DAERAH.. Angin Kencang Rawan di Riau Bagian Tengah

478 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah daerah Riau masih mempunyai peluang hujan dalam dua hari mendatang. Meski cuaca cerah serta temperatur tinggi siang ini, peluang hujan pada sore hingga malam nanti juga masih ada dan terkonsentrasi di wilayah Riau bagian tengah. Keadaan itu diperkirakan akan mempengaruhi kecepatan angin di sejumlah wilayah Riau.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, tempartur udara maksimum mencapai 34,2 Derjat Celsius meliputi wilayah Riau hari ini. Sedangkan peluang hujan juga ada pada sore atau malam hari nanti.

Pertemuan dua kutub hawa yang berbeda tersebut sering merubah tekanan udara. Sehingga angin kencang kerap terjadi sebelum atau beserta hujan. Staf analisa Warih mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, pergerakan angin umumnya lebih dominan dari Utara menuju Timur Laut hari ini di Riau. Kecepatan angin rata-rata berkisar 5 hingga 20 kilometer per jam.

“Kecepatan angin bisa meningkat akibat perubahan tekanan udara dari cuaca panas yang duterpa hujan nantinya. Kita tidak bisa menentukan lokasi angin kencang akibat keadaan itu. Namun konsentrasi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, ada di Riau bagian Tengah. Seperti Kota Pekanbaru, Pelalawan, Siak dan sebagian daerah Kampar, sore atau malam hari nanti,”terang Warih kepada RiauInfo.(Surya)

Posting Terkait