Korban Gigitan Anjing Rabies di Pekanbaru Terus Berjatuhan

597 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masih banyaknya masyarakat Pekanbaru melepaskan begitu saja anjing peliharaan menyebabkan korban gigitan anjing rabies di kota ini terus berjatuhan. Bahkan selama Januari ini jumlah warga yang mendapatkan perawatan akibat rabies ini sudah mencapai 13 orang. 

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Pekanbaru, Senin (9/2) diketahui 13 korban gigitan anjing rabies itu masing-masing dirawat di Puskesmas Kelurahan Muara Fajar sebanyak 2 orang, Puskesmas Harapan Raya 1 orang, Puskesmas Rejosari 2 orang, Puskesmas Tampan 1 orang, Puskesmas Simpang Baru 1 orang dan Puskesmas Sidomulyo 4 orang.

Besarnya juga korban gigitan anjing rabies ini sudah saatnya mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, terutama masyarakat yang suka memelihara hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan keras. Mereka harus menjaga hewan peliharaannya dan jangan dibiarkan berkeliaran.

Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Rina Hermiyati mengatakan, para pemilik hewan peliharaan itu harus melakukan vaksinasi terhadap hewan-hewan peliahraannya. Vaksinasi dilakukan di Dinas Pertanian Pekanbaru. “Sedangkan Diskes hanya menangani pasien yang sudah terkena gigitan hewan rabies,” ungkapnya.

Dia juga minta kepada masyarakat yang ada anggota keluarganya terkena gigitan anjing rabies untuk segera membersihkan luka gigitannya itu. Kemudian langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin vero rab.(ad)

Posting Terkait