KPU Riau Mengadakan Elektroral Management Training

324 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Guna menghasilkan SDM di bidang kepemiluan yang memiliki wawasan dan cita-cita ideal untuk mewujudkan demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mengadakan Electroral Management Training, Senin (18/6) di Hotel Quality, Pekanbaru. Training ini diikuti 70 peserta dan akan berlangsung 8 hari. 

Ketua KPU Provinsi Riau, DR.Raja Syofyan Samad berkesempatan membuka training tersebut sekaligus memberikan pengantar dengan judul “Reformasi Politik Sebagai Ikhtiar Nasional”.

Dalam pengantar tersebut, Raja Sofyan menjabarkan rentetan perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia saat ini, pasca jatuhnya orde baru. Hingga bangsa ini memilih reformasi politik, untuk mensejahterakan rakyat dan partai politik merupakan instrument penting dalam membangun demokrasi di tanah air.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama KPU Pusat dengan KPU Provinsi. Sehubungan dengan itu, kata Syofyan Samad, Riau menjadi pilot project atau pioneer bagi pelaksanaan Program KPU di tingkat Provinsi.

“Diharapkan dapat menjadi pilot project bagi pelaksanaan kegiatan serupa yang diselenggarakan seluruh Provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut panitia, peserta mengikuti pelatihan ini adalah orang-orang yang lulus seleksi dari 230 peserta yang mendaftar. Seleksi tersebut seperti, test tertulis dan wawancara sehingga tersisa 70 orang yang berhak mengikutinya. Peserta berasal dari berbagai elemen masyarakat seperti, akademisi, anggota Parpol, wartawan dan lain sebagainya. (Surya)

 

Posting Terkait