KPUD BENGKALIS LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN

552 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pemilihan Kepala dan Wakil Daerah (Pilkada) Provinsi Riau baru akan berlangsung tahun 2008 dan 2009 mendatang. Meskipun demikian, guna menyukseskan kedua helat politik itu, sebagai institusi penyelenggara kedua helat politik itu, khususnya di tingkat Kabupaten Bengkalis, sampai saat ini berbagai upaya telah dan terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bengkalis. 

Satu diantaranya upaya dimaksud, pada Selasa (1/5) kemarin, KPUD Bengkalis melaksanakan Rapat Koordinasi Menyongsong Persiapan Pemilu 2009 dan Pilgub 2008. Rapat yang diikuti sekitar 80 peserta dan dilaksanakan di Gedung Laksamana Raja Dilaut Bengkalis itu dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis, H Syamsurizal.

Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Syamsurizal mengajak seluruh penduduk daerah ini untuk ambil bagian secara aktif untuk menyukseskan kedua helat politik tersebut. Terkait dengan hal itu juga, orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis ini juga mengajak seluruh masyarakat di daerah ini, khususnya yang memiliki hak dipilih dan memilih untuk dapat mengikuti seluruh tahapan kedua pesta demokrasi itu.

Selanjutnya, karena kedua pesta demokrasi ini memiliki arti penting bagi perjalanan dan pembangunan bagi bangsa dan negara serta daerah Riau ke depan, kepada pihak Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Tenaga Kerja serta pihak yang terkait dengan pendataan para pemilih di semua tingkatan di daerah ini untuk benar-benar dapat mempersiapkan data penduduk secara benar, akurat dan berkualitas.

Harapan sekaligus instruksi ini disampaikan Syamsurizal, karena menurutnya, salah satu faktor yang menentukan berkualtas tidaknya kedua pesta demokrasi itu, sangat ditentukan oleh kualitas ketersediaan data pemilih dimaksud. “Untuk itu, data yang diberikan harus benar-benar merupakan data kependudukan yang paling mutahir, terkini dan valid. Setiap tahap proses pendataan harus dilakukan secara baik dan benar,” tegasnya.

Sementara itu, ketika mewakili Ketua KPUD Provinsi Riau, H Syamsul Ja’afar mengatakan rapat koordinasi yang ditaja KPUD Bengkalis ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan KPUD kabupaten/kota di Riau.

Pada bagian lain, terkait dengan Pemilu maupun Pilkada, Syamsul Ja’afar mengatakan, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, Partai Politik (Parpol) memiliki kewenangan yang sangat besar dalam menentukan kualitas calon. Baik itu untuk calon anggota legislatif maupun Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Sedangkan KPU, imbuhnya, hanya merupakan ‘mesin pengolah’. “Bagaimana kualitas output (produk) yang dihasilkan KPU, sangat ditentukan oleh input (calon) yang diajukan Parpol. Karena kewenangan itu memang ada pada Parpol,” imbuh Syamsul seraya mengatakan bahwa valitidas data kependudukan untuk Pemilu dan Pilkada menjadi kewenangan daerah.

Selain Wakil Ketua DPRD Bagus Santoso, Ketua KPUD Bengkalis H Yuslizar Yunus, adapun pejabat dari Pemkab Bengkalis yang terlihat hadir dalam kegiatan yang diikuti sejumlah pengurus partai politik di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, diantaranya Asisten I Setdakab Bengkalis H Burhanuddin.

Kemudian, Kepala Badan Kepegawaian Daerah H Hermizon, Kadis Perikanan dan Kelautan H Tarmizi, Kepala Badan Linmas, Kesbang dan Infokom H Mukhlis, dan Sekretaris DPRD H Sazaly Sulung. Sedangkan dari pengurus Parpol, diantaranya H Barmawai KN (Partai Golongan Karya) dan Salfian Daliandi (Partai Bintang Reformasi).

 

Posting Terkait