Kualitas Pemilu Berdampak Pada Pembangunan Daerah

512 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemilu terselenggara secara lebih baik dan berkualitas, akan berdampak positif terhadap lancarnya proses pembangunan dan tata pemerintahan.

Kemudian bila proses pembangunan itu berlangsung secara berkelanjutan, maka akan berdampak terwujudnya kemandirian dalam kehidupan berbangsa, bernegara serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Riau dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala Badan Infokom dan Kesbang Provinsi Riau, H.Said Amir Hamzah,SKM mengatakan hal tersebut saat membuka Workshop Pendidikan Pemilih Berbasis Jurnalistik, Rabu (15/8) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Kata Rusli, pentingnya Pemilu dilaksanakan, adalah sebagai upaya mewujudkan kehidupan berdemokrasi yang lebih baik, juga dalam usaha terpilihnya para pengelola negara yang lebih baik dan kredibel.

Dikatakan, dalam penyelenggaraan Pemilu , diperlukan suatu komunikasi dan pendidikan politik yang lebih terarah dan mendalam terhadap setiap warga negara, sehingga subtansi Pemilu itu benar-benar dapat dipahami dengan lebih baik dan mendalam oleh setiap warga negara.

Hal ini, Pers dan media massa sangat memegang peranan penting dalam penyampaian informasi kepada khalayak. Wartawan sebagai pekerja pers dan media dengan tulisan dan liputannya, sangat menentukan sejauhmana penyampaian informasi itu efektif kepada khalayaknya.

Bagi Provinsi Riau dan juga bagi daerah lainnya, pemahaman para pekerja jurnalistik terhadap Pemilu, tentu sangat menentukan keberhasilan daerah dalam penyelenggaraan Pemilu maupun berbagai agenda Pilkada.

Lebih lanjut gubri mengatakan, kita menyadari kemajemukan masyarakat dengan tingkat pendidikan yang masih banyak perlu ditingkatkan, tentu pemahamannya terhadap subtansi dan berbagai aspek tentang Pemilu/Pilkada tersebut sangat rendah sekali.

Oleh karena itulah, fungsi pers dan media sebagai pencerdas masyarakat sangat menentukan sekali keberhasilan dan kesuksesan dari penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada di daerah.

Berkenaan dengan itu semua, kata Gubernur, para peserta Workshop benar-benar dapat memahami semua ini dengan lebih arif, karena penyampaian informasi kepada publik, hanya dapat dilakukan oleh para kalangan pers dan media.

Tanpa adanya penyampaian informasi yang efektif dan lebih baik oleh pers dan media, maka apa yang kita harapkan suksesnya dari kegiatan Pemilu maupun Pilkada tersebut sulit diwujudkan.(Surya)



Posting Terkait