KULINER DI PEKANBARU Jus Tiga Rasa Buah di Pondok Makanan Khas Melayu

641 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk mengembangkan dan memperkenalkan budaya khas melayu dapat dilakukan dengan berbagai cara terutama dikota Pekanbaru yang dikenal dengan kota bertuah. Selain budaya atau adat istiadat melayu,pakaian melayu, masih terdapat satu lagi yang memiliki ciri khas melayu yang terdapat di kota bertuah ini yaitu makanan dan minuman khas melayu.

Untuk mendapatkan makanan khas melayu dapat ditemukan disalah satu pondok makanan khas melayu (PMKM) yang terletak di Jalan Simpangtiga Pekanbaru. Aneka makanan dan minuman khas melayu yang siap untuk disantap yang selalu mengoyangkan dan membuka selera makan bagi masyarakat kota Pekanbaru maupun pengunjung yang dating dari luar kota Pekanbaru.

Ibu Yusmiati, merupakan pemilik sekaligus pengelola pondok makanan khas melayu ini,mengatakan bahwa ide untuk mengembangkan usaha ini muncul saat ia melakukan kunjungan kenegara tetangga yaitu Malaysia , Singapore , dan Negara tetangga lainnya.

Pondok makanan khas melayu ini menyajikan berbagai macam aneka rasa makanan melayu diantarannya, ayam goring kampung asli, asampedas tempoyak, sambal belacan, dan kerang khas melayu. Selain makanan di sini terdapat minuman jus yang sangat unik yaitu minuman jus tiga rasa buah. Minuman inilah yang membuat setiap pengunjung pondok makanan khas melayu ini ingin mampir untuk yang kesekiankalinya.

Uniknya minuman jus khas melayu yang dibuat oleh wanita 50 tahun silam ini sangat berbeda dengan jus yang biasanya dijumpai dikebanyakan rumah makan yang ada dikota pekanbaru. Sering dijumpai minuman jus itu hanya memiliki satu rasa buah saja, tetapi minuman jus disini memiliki tiga rasa buah yang berbeda-beda.

Ibu dari dua orang anak ini dapat inspirasi membuat jus tiga rasa buah ini, pada awalnya hanya mencoba saja dengan mengkombinasikan berbagai macam rasa buah,dan ternyata jus ini mendapat memberikan apresiasi lebih dari keluarga, karyawan maupun pengunjung yang dating kesini.

Menurut wanita yang telah mempunyai kurang lebih 30 orang karyawan ini, pada dasarnya kesuksesannya kini tidaklah terlepas dari kerja keras dan dukungan keluarganya dan tidak lepas dari orang-orang yang menyukai makanan melayu di pondok makanan khas melayu miliknya ini.(riya)

Posting Terkait