Lagi, CPI Taja Posyandu Ibu Hamil dan Balita di Minas Barat

296 views

MINAS (RiauInfo) – Hari ini, Rabu (13/7) PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kembali menggelar program Posyandu untuk ibu hamil dan balita di Desa Minas Barat, Kec. Minas. Kegiatan bulanan ini diselenggarakan lantaran banyaknya jumlah ibu hamil berisiko tinggi di wilayah kerja Puskesmas Minas. Kegiatan dilaksanakan oleh istri pegawai Chevron Minas yang tergabung dalam Ibu-Ibu Chevron Minas (IICM), bekerja sama dengan Puskesmas Minas, Tim penggerak PKK Minas/Kader Posyandu Minas.

Kegiatan yang diadakan secara rutin pada Rabu minggu ketiga ini diadakan di TK Intan Permata Hati Nusantara KM 39 Minas Barat. Hingga bulan ketiga posyandu ini digelar, peserta yang mengikuti posyandu ini semakin bertambah, kali ini balita sebanyak 480 orang dan diikuti pula oleh 50 orang ibu hamil dari berbagai wilayah di Desa Minas Barat.Program itu berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil oleh bidan Puskesmas dan pemberian makanan tambahan bergizi. Makanan bergizi yang diberikan baik kepada ibu hamil maupun balita berupa bubur kacang hijau, susu cair, telur rebus, biskuit, dan susu formula.

Menurut data Puskesmas Minas, saat ini jumlah ibu hamil risiko tinggi yang terdeteksi di seluruh Kecamatan Minas sekitar 150 orang. Namun, Posyandu ibu hamil yang ada di Desa Minas Barat hingga saat ini semakin bertambah yaitu berjumlah 50 orang. Salah satu ibu hamil yang baru mengikuti program ini adalah Milina, ibu dari 4 anak yang tinggal di km 47 ini baru mengikuti program Posyandu yang diadakan di Minas Barat.

“Saat ini kehamilan saya masuk usia 4 bulan. Saya sebelumnya tidak tahu kalau ada Posyandu di sini, makanya tidak ikut bulan kemarin. Rumah saya kan jauh di Km 47, masuk ke dalam lagi, tadi saja kami lewat dari Km 43,” ungkap Milina yang tidak hanya memeriksa kandungannya, tetapi ia juga memeriksakan ketiga anaknya yang masih balita.

”Program posyandu untuk balita di Kecamatan Minas diadakan secara rutin oleh CPI melalui IICM setiap bulan, sejak beberapa tahun lalu. Sejak Mei tahun ini, kegiatan posyandu diperluas, tidak saja untuk balita, tetapi juga untuk para ibu hamil. Fokus peserta pun setiap tahun berpindah. Jika tahun lalu dipusatkan di kelurahan Minas Jaya, tahun ini di Desa Minas Barat,” ujar Team Manager PGPA CPI Minas, Suyanto.(zas/rls)

Posting Terkait