Lapas Pekanbaru Dinobatkan Jadi Terbaik di Indonesia

438 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Lapas Pekanbaru dinobatkan sebagai Lapas Klas IIA terbaik se-Indonesia menyisihkan 300 lebih Lapas Klas II A. Penghargaan itu dilakukan dalam rangka hari Bakti Pemasyarakat oleh Menteri Hukum dan HAM Abdi Mattalata di Nusa Kambangan belum lama ini.

Kepala Lapas Pekanbaru Djoni Priyatno ketika dihubungi wartawan di Pekanbaru mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih Lapas Pekanbaru ini. “Namun prestasi ini tentunya akan menjadi beban bagi kami, karena harus tetap dipertahankan di masa mendatang,” ujarnya.

Dia menyebutkan selama ini pihaknya terus menerus melakukan pembenahan terhadap lapas ini, termasuk dengan menghilangkan tindakan kekerasan terhada para penghuni lapas. “Bagaimanapun mereka adalah manusia, jadi harus diperlakukan dengan manusiawi,” jelasnya.

Selain itu lingkungan lapas juga dilakukan pembenahan diantaranya dengan terus menjaga kebersihan, sanitasi, makanan yang harus diproses dengan baik dan higienis, dan sebagainya. Saat ini suasana lapas juga semakin sejuk dengan adanya pohon-pohon peneduh.

Dalam keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Lapas terbaik sesuai klas disebutkan Lapas kelas I terbaik adalah Malang, klas IIA Pekanbaru, klas IIB Merauke, klas IIB terbuka Pasaman, klas IIB anak Palembang, klas IIB Krasaan, Bali Pemasyarakatan Klas II Serang, dan Rumah penyimpanan Benda Sitaan Negara klas I Kupang.(ad)

Posting Terkait