Lapau Bajalan Kantongi Keuntungan Lebih 50 Persen Sehari

567 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Usaha kecil dan menengah dengan konsep keliling telah meningkatkan taraf ekonomi sejumlah pelaku usaha kecil di Pekanbaru ini. Konsep jualan ala mini market dengan memakai motor ini mampu meraup keuntungan 50 persen hingga 100 persen dari modal awalnya. Dengan omset rata-rata seharinya mencapai 1 juta hingga 2 juta rupiah, usaha ini mampu meraup keuntungan Rp.500.000-Rp.1 juta perhari!

Seperti Lapau Bajalan yang telah dilakoni Zainal, sepertinya bisa dijadikan solusi bagi usaha kecil dan menengah. Zainal, 35 tahun, seorang warga kota Pekanbaru ini menemukan konsep Lapau Bajalannya dengan tidak sengaja. Semula pedagang kaki lima ini hanya menggunakan kendaraan becak dari sepeda biasa. Namun, jelang dua tahun usahanya ini, Zainal telah memodifikasi kendaraan Lapau Bajalannya dengan sepeda motor.

Tidak sulit menemukan sosok Zainal dengan Lapau Bajalannya di Kota Pekanbaru ini. Karena Lapau Bajalan Zainal sering nangkring di tempat keramaian kota Bertuah. Seperti di seputaran Bundaran Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru, Lapau Bajalan juga punya ‘pos’ tersendiri di wilayah perkantoran Pemprov Riau yang nyaris ramai setiap malamnya itu.

“Prinsipnya, dimana ada keramaian, toko saya ini bisa menyusul ke sana. Bahkan saya setiap tahunnya juga menghadiri acara Pacu Jalur di Taluk Kuantan dan membayar sewa tempat selama acara berlangsung. Kata orang istilahnya jemput bola,”aku Zainal kepada RiauInfo.

Bagi Zainal yang telah dikaruniai 3 anak itu menagku, dengan modal Lapau Bajalannya, dia tidak lagi memikirkan sewa ruko atau kedai puluhan juta dan menunggu pembeli seharian. Sehingga Lapau Bajalan yang berisikan jualan layaknya mini market itu kian maju seiring bertambahnya barang dagangan Zainal.

Konsep Lapau Bajalan Zainal rupanya telah diikuti oleh sejumlah orang di kota Pekanbaru ini. Namun Zainal mengaku merasa tidak tersaingi dengan kehadiran Warung, atau Kafe Berjalan yang juga mulai dilakoni orang lain. “Namanya saja usaha, rezeki nggak kemana,”ujar Zainal.(Surya)

Posting Terkait