Legislator Pekanbaru Berharap Pelaksanaan UN SMP Berjalan Lancar

462 views

UN SMP1PEKANBARU: Mulai 4 Mei mendatang para siswa kelas 9 SMP sederajat akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Terkait makin dekatnya pelaksanaan UN itu, pihak legislator di Pekanbaru minta agar persiapannya makin dimatangkan.

Sekretaris Komisi III DPRD Pekanbaru, Aidil Amri, Selasa (28/4) di Pekanbaru mengatakan, pihaknya berharap pelaksanaan UN SMP tahun ini dapat berjalan lancar, dan jangan terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu, baik pihak Dinas Pendidikan (Diknas) maupun pihak sekolah harus benar-benar mempersiapkan pelaksanaan UN SMP sederajat ini dengan matang. “Jangan sampai ada kesalahan apapun saat pelaksanaannya,” ungkap dia.

Dia menyebutkan, pihak Diknas harus bisa mengontrol dan mendata siswa mana yang bisa dan tidak bisa mengikuti UN nanti. “Dan yang terpenting jangan sampai terjadi kesalahan fatal, seperti soal tertukar dan kunci jawaban beredar,” tambahnya.

Menurut dia, agar jangan terjadi kebocoran soal, pihak Diknas harus memperketat pengawasan. Jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momentun UN ini untuk memperoleh keuntungan pribadi.

Kepada para siswa, dia juga ingatkan untuk tidak mempercayai jika mendapatkan kunci jawaban UN. Untuk itu para siswa harus lebih banyak belajar dan percaya diri. “Dan siswa juga harus menjaga kesehatannya agar tidak saat saat akan mengikuti UN,” jelasnya.(ad)

Posting Terkait