Lima Daerah Riau Ekstirm Kebakaran Hutan dan Lahan

453 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebaran asap akibat kian tingginya kebakaran hutan dan lahan akan merembes ke negara tetangga. Hal ini pengaruh kecenderungan angin bertiup dari arah Barat Daya menuju Timur Laut akan membawa asap tersebut ke berbagai negara seperti Malaysia, Singapura dan lainnya. Sementara, BMG tengah mendapatkan gangguan udara oleh asap hari ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru mengkhawatirkan wilayah Riau kian ekstrim kebakaran hutan dan lahan. Dalam pemetaan rekaman satelit, daerah ekstirm ini berada di wilayah Riau bahagian Utara. Seperti wilayah kabupaten Bengkalis, kota Dumai, kabupaten Siak, Rokanhilir dan Rokan Hulu.

Menurut BMG, curah hujan masih sangat kurang mengunjungi Riau hingga dua hari mendatang. Sementara itu, BMG juga mencium temperatur maksimum mencapai 32 hingga 33,5’C menyelimuti udara Riau umumnya.

“Kita minta pihak terkait bertindak cepat sebelum titik api ini semakin mengganggu kualitas udara. Bahkan akan mempengaruhi udara negara tetangga karena tiupan angin tersebut,”terang Ardhitama dari Analisa BMG stasiun Pekanbaru menjawab RiauInfo, Jumat (16/05) di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait