Lima Kabupaten di Riau Rawan Hujan Lebat

471 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar pukul 15 WIB, hujan mengguyur kotah Bertuah hingga basah. Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Kamis (13/03), hujan tidak saja tejadi di kota Pekanbaru, juga merata melanda wilayah Riau daratan umumnya.

Meski dengan intensitas berbeda, hujan di sebahagian wilayah Riau Pesisir diperkirakan akan berintensitas sedang hingga lebat. Wilayah Pesisir yang rawan hujan lebat tersebut seperti di pesisir Timur, Selatan dan pesisir Tengah Riau.

“Kabupaten Siak dan Dumai masuk wilayah pesisir Timur. Sedang Inhil, Inhu serta Pekanbaru dan sebagian Kampar masuk dalam wilayah pesisir Selatan dan Tengah,”ujar Marzuki dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Kamis (13/03) di Pekanbaru.

Data BMG menangkap penyebab hujan yang melanda akhir-akhir ini akibat pusaran angin yang masih berada di atas wilayah Riau. Pusaran angin ini terjadi juga dipengaruhi tekanan rendah yang berada dibagian utara Australia.

“Pusaran angin tersebut mengakibatkan masa udara yang mengandung air tertahan dan sangat menyuburkan pertumbuhan awan. Jika tumpukan awan ini mencapai titik jenuh hujan pun akan terjadi,”terang Marzuki.

Hari ini juga dilaporkan sebahagian besar wilayah Sumatera rawan hujan. Akibatnya, BMG mendapatkan hasil pantauan satelit NOAA 18 hari ini tidak menangkap satu titik api pun di pulau Andalas ini.Sedang di Riau sendiri, pengaruh hujan telah menyebabkan puluhan desa terisolir di kabupaten Kampar dan di Kabupaten Rohul.

Merambatkah bencana ini ke lima kabupaten yang rawan hujan lebat tersebut? Tunggu saja hasil hujan yang diperkirakan BMG sering terjadi sekitar sore, malam hingga dinihari pada Maret ini.(Surya)

 

Posting Terkait