LISTRIK DAN INFRASTRUKTUR JADI KENDALA… Disdukcapil Siak Sosialisasi e-KTP

468 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Elektronik KTP (E-KTP) bagi aparatur, Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak mengadakan sosialisasi kepada segenap unsur aparatur, Senin (8/11/2010) di Pekanbaru.

Kepala Disdukcapil Siak Wan Bukhari mengatakan, acara tersebut merupakan program penerapan KTP baru yang sesuai amanat dari Peraturan Presiden (Perpres) No 26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dalam Perpres itu disebutkan agar seluruh daerah mempercepat pelaksanaan KTP elektronik.

Selain itu, menurut Wan Bukhari, e KTP juga diamanatkan sebagai memberantas praktik pemalsuan kartu tanda penduduk (KTP) di Kabupaten Siak. Pemerintah Kabupaten Siak akan memberlakukan KTP elektronik selambatnya 2011 mendatang.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kababupaten Siak tengah mempersiapkan teknis pelaksanaannya melalui pendataan penduduk Kabupaten Serang. Sementara itu, sarana prasaran seperti listrik dan infrastruktur yang masih terbatas di sejumlah kecamatan menjadi salah satu kendala untuk melancarakan program e KTP di Kabupaten Siak.

“E-KTP ini merupakan program pemerintah untuk penertiban administrasi kependudukan. Di Provinsi Riau, ada 5 daerah yang menjadi target pemerintah termasuk Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kuansing dan Kampar,”ungkap Wan Bukhari didampingi Kabid Disdukcapil Azmizal dan Ade ketua panitia acara di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait