Lomba Debat Islami Tingkat Remaja di Dumai

517 views

DUMAI (RiauInfo) – MUI Kota Dumai pada hari Ahad 13 Januari 2013 bertempat di sekretariat MUI Dumai Eks Kantor Walikota Jalan HR. Subrantas, telah menyelenggarakan lomba debat Islam tingkat remaja ( SLTA ) se Kota Dumai babak penyisihan dan semi final, yang di ikuti oleh 9 sekolah dari 10 sekolah yang mendaftar, karena utusan SMA YKKP Dumai tidak hadir pada acara tersebut walaupun telah mendaftar pada tahap awal dan telah mengikuti pembekalan dan pelatihan.

Acara ini berlangsung dengan sangat kompetitif namun penuh persaudaraan dari jam 8.00 s/d jam 12.30 wib. Lomba dimulai dengan SMK 4 sebagai pendukung atau affirmative team dan MAN Dumai sebagai Oposisi. Pertanding ini berlansung sangat alot dan seru karena masing-masing peserta berupaya untuk tampil baik dan berhasil keluar sebagai juara untuk mendapatkan hadiah berupa Piala Bergilir GM Pertamina RU II Dumai dan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000.

SMAN 3 Dumai tampil dengan bersemangat memberikan nuansa yang berbeda pada lawan-lawannya dengan dalil-dali al qur’an dan hadis Nabi Muhammad saw. Utusan Pesantren Yazbi pula berupaya memberikan argumentasi yang mereka anggap logis dan benar dengan analogi-analogi yang dapat dicerna. SMAN 1 Bukit Jin tampil dengan salah seorang pesertanya yang dapat mengutip etimologi kata korupsi dalam bahasa Arab serta argumentasi dan pemaparan ide yang sangat baik.

SMA PGRI dan SMA Budhi Dharma kedua-duanya berupaya tampil baik dan maksimal dengan memberikan argumentasi yang menarik dan sedikit mengelitik rasa ingin tahu para penonton lainnya sehingga tepuk gemurug dan dukungan silih berganti terjadi sepanjang lomba. SMKN 2 Pula menampilkan peserta yang cukup bagus dan berkualitas, namum sayang mereka harus berhadapan di babak awal dengan regu yang lebih tangguh SMAN Binsus, sehingga harus kalah lebih awal.

Setelah mengikuti pembekalan yang dilaksnakan oleh MUI Dumai pada tanggal 6 Januari 2013 yang lalu, panitia pelaksana dapat menyaksikan bahwa kemampuan para peserta jelas terlihat sangat meningkat dan kompetitif dalam angka-angka penilaian yang masing-masing regu capai. Argumentasi yang dikemukakan baik sebagai pendukung maupun oposisi terlihat baik, karena sejalan dengan mosi debat yang dipilih dan ditentukan 10 menit sebelum pertandingan.

Penghayatan, sistematika berpikir, kekuatan dalil, intonasi, bahasa, mimik dan gaya, serta kesopanan kata dan tingkah laku menjadi aspek penilaian bagi semua peserta pada lomba debat ini. Dari penampilan mereka kita dapat membayangkan wajah-wajah pemimpin Islam masa depan, yang akan menerima tongkat estafet perjuangan Islam dan ummat Islam.

Pada babak semi final regu MAN Dumai berhasil mengalahkan SMAN 1 Bukit Jin, dan SMAN Binsus pula berhasil mengalahkan MA Pesantern Yazbi Bukit Kapur, sehingga MAN Dumai Dan SMAN Binsus berhak maju ke babak final yang insya Allah akan diselenggarakan pada hari sabtu tanggal 9 Februari 2013 Jam 8.00- 12.00 WIB bertempat di Aula MAN Dumai, yang insya Allah akan dihadiri oleh GM Pertamina, Wakil Walikota Dumai, Kadisdik, dan Ka Kemenag.(zas/rls)

Posting Terkait