Mahasiswa Fikom UIR Field Trip Kunjungi Redaksi RiauInfo

975 views

Kunjugan FIKOM UIR ke RiauInfo 2

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak 30 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (Fikom UIR) melakukan field trip dengan mengunjungi Kantor Redaksi RiauInfo yang berlokasi di Jl. Dahlia No. 82, Pekanbaru, Selasa (26/5) pagi.

Rombongan yang di pimpin oleh Dosen Fikom UIR, Chelsy Jesicha, S.Sos, M.I.Kom dan Al Syukri S.Sos, M.I.Kom diterima oleh Pimpinan Redaksi RiauInfo Anthony Harry selama hampir 2 jam di ruang redaksi.

Selaku pimpinan rombongan, Chelsy menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka Diskusi tentang manajemen keredaksian dan manajemen perusahaan yang bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang manajemen/pengelolaan industri media massa.

Dalam pemaparannya, Pimred RiauInfo, Anthony, menjelaskan bahwa RiauInfo sebagai media online telah beroperasi semenjak tahun 2006. “Sampai saat ini RiauInfo sudah berusia hampir 10 tahun, satu dekade. Sebuah perjalanan yang cukup panjang untuk sebuah media online.”

“Dalam sebuah media, ada dua bagian besar, yaitu redaksi dan usaha. Keduanya harus dipisahkan secara jelas tugas dan tanggung jawabnya”, jelas Anthony. “Jika masih bercampur baur, dimana wartawan harus mencari iklan atau perusahaan menentukan berita yang akan dimuat, maka akan sulit bagi media tersebut untuk berkembang”.

Hampir seluruh mahasiswa yang hadir dengan antusias mengikuti diskusi dalam kunjungan tersebut. Mulai dari tugas wartawan, sumber penghasilan media, kerjasama dan masalah intervensi pemerintah, dan lainnya menjadi topik diskusi yang hangat.

Saat ditanya proses kerja dan dimuatnya sebuah berita, Anthony menjelaskan, “Kita sangat dimudahkan oleh perkembangan teknologi”.

“Jika dahulu pada tahun 2006-2007, seluruh wartawan harus masuk kantor untuk mengetik berita, maka saat ini cukup menggunakan laptop atau gadget yang ada”, lanjutnya. “Internet juga semakin mudah didapat dan murah.”

Kantor RiauInfo, pada tahun pertama beroperasi memiliki 18 unit komputer desktop, dua tahun kemudian sebagian besar diganti dengan laptop, dan akhirnya pada saat ini hanya menyisakan 2 komputer desktop untuk pekerjaan administrasi dan desain.

“Kita menawarkan mahasiswa untuk dapat belajar menulis berita, feature, artikel, kegiatan kampus untuk dimuat di RiauInfo. Boleh juga dalam bentuk resensi film, buku atau kuliner”, kata Anthony mengakhiri pertemuan.

 

Foto lainnya:

fikom kunjungan uir

Posting Terkait